§ 1960: LISP meluncurkan model
bahasa komputer untuk menulis program tiruan.
§ 1965: Orientasi bahasa benda
dengan perakitan tambahan dengan simulasi, ditulis oleh Kristen Nygaard dan Ole
John Dahl.
§ 1969: Bill Gates & Paul
Allen menyebutnya dengan “lake side programming group” menyetujui komputer dengan
badan hukum pusat untuk mematenkan pdp-iq software.
§ 1975: Paul Allen di dalam
suratnya, Bill Gates menggunakan nama “micro-soft” menyerahkan kepada rekan
kerja nya.untuk cepat-cepat menuliskan tentang referensinya.
§ 1976: Untuk pertama kalinya
microsoft di kembangkan, mereka menyebutnya dengan “the legend of micro-kid”.
§ 1977: Pemerintahan US
mengadopsi data standar IBM, untuk membuka kode kunci pesan dan ntuk melindungi
rahasia agensi mereka.
§ 1978: Microsoft mengumumkan
produk ketiganya, MICROSOTF COBOL-80 dijual seharga 1 juta dolar US.
§ 1979: Micosoft mengumumkan,
MICROSOFT BASIC untuk 8086 16 bit micropocessors.
§ 1981: IBM memperkenalkan
personal computer dengan penggunaan Microsoft 19 bit operting system,MS DOS
1.0,plus Microsoft BASIC,COBOL,PASCAL,dan produk Microsoft lainnya.
§ 1983: Microsoft memperkenalkan
word processing program,Microsoft word for MS DOS 1.00 .
§ 1989:Maxis memproduksi video
game ,dengan kelas baru untuk pendidikan dan hiburan.
§ 1995: Windows 95 ships.
§ 1997: Deep blue defeats world
chess champion.
§ 1998: Windows 98
§ 2000: Windows 2000
§ 2001: Windows XP
§ 2006: Windows Vista
System
perangkat lunak
Perangkat
keras computer tidak dapat berbuat apa-apa tanpa adanya perangkat lunak.
Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila
instruksi-instruksi tertentu telah di berikan kepadanya. Intruksi-instruksi
tersebut disebut dengan perangkat lunak (software). Intruksi-instruksi
perangkat lunak di tulis oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat
keras computer.
Perangkat
keras computer mempunyai beberapa kegunaan yang sudah di bentuk dan di pasang
di dalamnya untuk dapat menanggapi instruksi-instruksi yang diberikan. Apabila
seseorang harus menyusun perangkat lunak yang langsung berhubungan dengan
perangkat keras terlebih dahulu, akan sangat sulit karena harus di ketahui
secara persis cara kerja perangkat keras yang bersangkutan. Kesulitan akan
semakin bertambah karena peralatan yang berbeda mempunyai karakteristik dan
cara operasi yang berbeda pula sehingga memerlukan perangkat lunak yang juga
berbeda . Untuk mengatasi hal ini,maka di buatlah suatu perangkat lunak yang di
sebut dengan system operasi (operating system/OS)
Klasifikasi perangkat lunak
Perangkat
lunak secara umum dapat dibagi menjadi 2 yaitu perangkat
lunak system dan perangkat lunak
aplikasi. Perangkat lunak system dapat dibagi lagi menjadi 3 macam
yaitu:
1. Bahasa Pemrograman: merupakan
perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur&algoritma yang di
rancang manusia ke dalam format yang dapat dijalankan computer,contoh bahasa
pemprograman: BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.
2. System Operasi: saat computer pertama
kali dihidupkan ,system operasilah yang pertama kali dijalankan,sistim operasi
yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal,
memanajemen penggunaan memory dan memberikan keluaran ke peralatan yang
bersesuaian, contoh system operasi: DOS, UNIX, Windows 95, IBM OS/2, Apple’s
system.
3. Utility: system operasi merupakan
perangkat lunak system dengan fungsi tertentu, misalnya pemerikasaan perangkat
keras(hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak
fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,defrag), contoh utility adalah
Norton utility
Hubungan antar perangkat keras dan perangkat
lunak dapat digambarkan sbb:
User – Aplication software – Language software
– Operating system – Hardware
System operasi
System
operasi merupakan system perangkat lunak yang sudah ditulis oleh pabrik yang
berfungsi sebagai antarmuka (interface) antara perangkat keras dan instruksi
yang ditulis oleh pemakai(user). Sistem operasi akan mengatur semua system operasi
dari perangkat keras computer. Sebagai contoh pemakai computer hanya menuliskan
perintah DIR untuk menampilkan isi direktori ke layar tanpa harus mengetahui
bagaimana perangkat keras tersebut melakukannya, karena tugas tersebut
dilakukan oleh system operasi.
System
operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang digunakan. Jenis prosesor pada PC
yang umum adalah kompatibel dengan produk awal IBM dan Manchitos. PC Manchitos
perangkat lunaknya dikembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya
tidak sepesat clonnig IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara
umum terbagi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan bersifat
freeware, yang dikembangkan oleh peneliti seluruh dunia karena bersifat open
source yaitu bahan baku pembuatnya dapat dibaca, sehingga hasilnya dapat
ditambah atau di modifikasi setiap orang.
Sementara
interaksi antara pengguna dan computer di kenal melalui 2 cara, cara yang
pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah atau dengan cara
ke dua yaitu tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis.
Interpreter
menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer
membaca instruksi selanjutnya, sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun
file exe. Contoh untuk ini adalah: basic versi baku, dbase, dan sebagainya.
Perangkat
lunak bahasa merupakan program khusus yang sudah dibuat oleh pabrik computer
atau perusahaan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan program
aplikasi. Program ini berfungsi sebgagai penterjemah program yang ditulis
dengan bahasa pemprograman computer menjadi bahasa mesin yang dapat di mengerti
oleh computer. Bila perangkat lunak bahasa ini tidak tersedia, maka pembuat
program harus menuliskan programnya langsung dalam bahasa mesin yang berbentuk
bilangan biner, dan hal ini sangat sulit dan rumit.
Perangkat
lunak bahasa dapat dikategorikan menjadi:
1. Assembler(perakit): merupakan
program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis
dengan bahasa rakitan (assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik
menjadi bahasa mesin.
Dengan
bahasa simbolik, masing-masing kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk
bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan
mnemonic. Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program
sumber (source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin
disebut dengan program objek (object program=OBJ). Proses pembuatan program
obyek dari program sumber juga akan menapilkan daftar keslahan-kesalahan
sintaks (jika ada) yang dibuat oleh pemprogram. Kesalahan ini harus dibetulkan
terlebih dahulu sebelum di proses lebih lanjut.
Walau
penulisan program dengan bahasa simbolik lebih mudah dibanding dengan bahasa
mesin, tetapi harus dirasakan kesulitan karena penulis program harus:
- Mengetahui
susunan serta fungsi dari masing-masing register di dalam cpu.
- Mengetahui
dengan persis cara alokasi memori komputer yang di gunakan
- Mengetahui
fungsi-fungsi yang di sediakan oleh OS.
Untuk
mengatasi hal ini telah dikembangkan suatu bahasa yang lebih dekat dengan
pemakai komputer yang di sebut bahasa tingkat tinggi (high level language),
misalnya basic, fortran, pascal c, dsb. Program yang di tulis dengan bahasa
tingkat tinggi ini harus di terjemahkan ke dalam bahasa mesin agar dapat di
mengerti oleh komputer. Penerjemah ini dapat berupa kompilator atau
interpreter.
2. Compiler: menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus
sama dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di
link sehingga menghasilkan file exe. Contoh perangkat lunak bahasa seperti ini
adalah pascal, c, dan masih banyak lagi.
3. Interpreter: menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses
sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan
program obyek maupun file exe. Contoh untuk ini adalah:basic versi baku, dbase,
dan sebagainya.
Perangkat lunak aplikasi
Sistem
operasi dengan perangkat lunak bahasa tidak di tunjukkan untuk menyelesaikan
permasalahan dalam aplikasi tertentu yang dihadapi oleh pemakai komputer.
Program yang ditunjukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi
tertentu di sebut program aplikasi atau program paket. Ada dua cara untuk bisa
mendapatkan program aplikasi yang di butuhkan yaitu dengan mengembangkan
sendiri (sangat sulit dan perlu keahlian khusus) atau membelinya (mudah).
Saat
ini banyak sekali program-program aplikasi yang tersedia di pasaran.
Program-program ini dapat diandalkan, dapat memenuhi kebutuhan pemakai,
dirancang dengan baik, relatif bebas dari kesalahan, mudah digunakan (user
friendly), mempunyai dokumen yang memadai dan didukung oleh purna jual yang
baik. Program-program paket ini di gunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah
umum seperti membuat dokumen (word star, microsoft word), membuat slide
presentasi (ms power point), penerbitan (adobe page maker), mengelola gambar
(adobe photoshop) dsb. Akan tetapi bila kita mempunyai permasalahan yang
sifatnya khusus dan unik sehingga tidak ada paket-paket program yang sesuai untuk
digunakan, maka dengan terpaksa harus dikembangkan program aplikasi sendiri,
misalnya program sistem SKS universitas, program sistem keuangan perusahaan,
dll.
Sember dari : aitioneyai08.wordpress.com
0 komentar:
Post a Comment